Wasir terdiri atas 2 macam :

1. Wasir internaI (wasir dalam) - Wasir daiam adalah pieksus hemorroidalis superior yang berada di atas garis rnuko kutan (ditutupi mukosa)

2. Wasir eksternal (wasir Iuar) - Wasir Iuar merupakan penonjolan pleksus hemorroid inferior. Terletak di bawah garis mukokutan pada jaringan di bawah epitel anus. Kedua pleksus hemorroid, yaitu interna dan eksterna berhubungan secara Ionggar.

Wasir sering kaii di sebabkan oieh pengeluaran tlnja yang keras pada saat buang air besar. Tinja yang keras itu sulit dikeiuarkan sehingga menyebabkan penekanan/trauma pada pleksus hemorroidalis. wasir2.jpg

GejaIa-gejala yang dapat di tentukan pada wasir dalam, di bagi menjadi 4 derajat, yaitu :

  • Stadium/ Derajat 1 Adanya darah segar yang menetes saat buang air besar.
  • Stadium/Derajat 2 Muncul benjoian di anus saat buang air besar yang dapat masuk kembali dengan sendiri nya.
  • Stadium/Derajat 3 Muncul benjolan dari anus saat buang air besar yang perlu di bantu tangan untuk memasukan nya kembali.
  • Stadium/Derajat 4 Muncul benjolan yang keluar dari anus saat buang air besar dan benjolan tersebut keluar Iagi walaupun sudah di bantu di masukan dengan tangan.

Gejala nya pada wasir Iuar bisa berupa tonjolan kecil di sekitar anus, dan nyeri karena rombosis dari pembulu darah (muncul nya bekuan darah) dibawah kulit anus.