Gejala beserta ciri - ciri penyakit wasir dapat beragam, dan berbeda - beda pula pada masing-masing penderita nya, dapat di awali dengan pendarahaan saat melakukan BAB (Buang Air Basar), terasa gatal -gatal dubur terutama pada anus, sangat terganggu saat malakukan BAB, separti merasa : perih, panas, pembangkakan, konsitapasi (sulit buang air besar), sering BAB daiam 1 hari nya dapat berulang-ulang buang air besar di karena kan tidak pernah tuntas karena tinja yang keluar sedikit - sedikit atau putus - putus tidak utuh sehingga rasa ingin buang air besar ada tetapi tidak dapat keluar dengan tuntas.

Ciri-ciri lain nya dapat berupa sakit atau pegal pada pinggang, anemia (bagi yang sering pendarahan), terasa pusing pada kepala dan perut terasa kembung tidak nyaman (bagi pendarita wasir yang suiit BAB), saat BAB sering kali harus mengejang dan juga terkadang sulit untuk mambuang angin sehingga harus mengejang dengan kuat untuk membuang angin, duduk terasa tidak nyaman, dalam stadium IV penderita tidak dapat duduk dan harus berbaring di karena kan peradangan yang di barengi dengan rasa sakit yang sangat.

Gejala dapat pula di awali dangan flax atau cairan pada dubur separti keringat yang berwarna bening. Betis terasa pegal di karena kan duduk yang tidak nyaman atau mangganjal. Gejala dan ciri-ciri tersebut biasa nya terjadi tidak barbarangan atau tidak samua pandarita mangaiami gejala yang sama.